Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Merawat Lensa Kamera

Written By Heru Sigit Sugiyanto on September 5, 2011 | 7:02 AM


Hasil photo sangat dipengaruhi oleh kondisi lensa. bagi seorang hobbyist photo, perawatan lensa merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan. berikut ini tips merawat lensa kamera

1. Untuk membersihkan bagian luar dari lensa, tidak dibutuhkan alat khusus, cukup dengan peralatan ppembersih seadanya, hanya saja kita harus memastikan alat pembersih tersebut bebas dari kotoran, lembut dan kering.

2. Sedangkan untuk bagian ‘lens glass’ kita memerlukan pembersih jenis mikrofiber, urutan membersihkan lensanya: bersihkan debu yang menempel terlebih dahulu dengan blower, carilah blower yang ukuran sedang atau kecil, kemudian hembuskan nafas anda ringan pada ‘lens glass’ untuk sekedar memberi kelembaban. dan yang terakhir usaplah ‘lens glass’ tersebut dengan kain mikrofiber.

3. Lensa juga dapat berjamur jika jarang digunakan, jika kita mempunyai banyak stok lensa, lebih baiknya jika kita menyimpannya pada ruangan yang terlindung dari debu, bisa menggunakan ruang kaca seperti akuarium, dan pasanglah lampu yang cenderung hangat, untuk sekedar menjaga suhu supaya jamur tidak mudah berkembangbiak pada ruang kaca yang telah kita siapkan khusus tadi. 

4. Jika kita punya banyak lensa, tentu akan sangat lebih tepat jika kita membeli dry box dengan silica gel didalamnya, silica gel akan menjaga kadar kelembaban. untuk mengukur kadar kelembaban diperluakan alat hygrometer, kadar kelembaban yang cukup baik adalah 30%-50% agar jamur tidak berkembangbiak di lensa kita. silica gel sekarang juga tersedia dalam bentuk re-charge melalui sambungan listrik, jadi lebih praktis, dan harganya relatif terjangkau yaitu sekitar 100 ribu rupiah.