Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Merawat camera

Written By Heru Sigit Sugiyanto on September 2, 2011 | 8:28 PM

Merawat Kamera - Merawat kamera sebenarnya kegiatan yang susah-susah gampang. Butuh ketelitian dan kesabaran. Tapi demi kamera kesayangan kita, gak apa-apa kan agak repot sedikit. Baik, langsung kita mulai yuk bagaimana merawat kamera.

 
1. Hindari Kapur Barus
Bagi anda yang suka menyimpan camera didalam lemari pakaian,harap perhatikan hal berikut. Jangan sekali kali meletakkan kamera didalam lemari pakaian yang ada kapur barus atau pengharum pakaian lainnya.karena uap dari kapur barus dapat menyekat bagian camera yang terbuat dari karet. Dan pada camera digital, akan merusak dan merapuhkan PCB(Printed circuit board) yaitu tempat chip chip dan element element berada. Bahkan uap kapur barus juga dapat mengotori lensa kamera. Dan lebih parahnya lagi,kerusakan kamera yang diakibatkan oleh kapur barus sangat sulit dan bahkan hampir tidak bisa diperbaiki lagi. Untuk itu bagi anda yang ingin menyimpan kamera kesayangan anda di lemari, pilihlah lemari khusus yang kedap udara dan memiliki udara yang sejuk, kering, dan tidak lembab. Jika anda tidak sempat untuk membeli lemari khusus buat kamera anda, anda dapat menggunakan stoples tempat biasanya kita meletakkan kue atau kerupuk. Tapi toples tersebut hendaknya memiliki tutup yang rapat, dan didalamnya anda bisa tambahkan silica gel(gel yang menyerap kelembapan).



2. Hindari Dari Sengatan Matahari
Apabila anda akan keluar rumah sambil membawa kamera, usahakan untuk menghindari kamera dari sengatan sinar matahari. Karena panas yang tinggi dapat merusak bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet serta dapat merusak element element yang ada didalam kamera.

3. Hindari Benturan
Hendaknya saat membawa kamera, gunakanlah tas khusus kamera guna menghindari kamera dari guncangan atau benturan benturan yang dapat merusak kamera

4. Hindari Tertindih Barang
Jangan meletakkan kamera kedalam tas yang berisi penuh dengan barang.karena jika kamera diletakkan kedalam tas yang berisi penuh dengan barang barang, akan meyebabkan kamera tertekan dan akhirnya akan merusak kamera.

5. Bersihkan Kamera dan Lensa
Hendaknya anda rajin dan rutin membersihkan lensa pada kamera. Untuk membersihkan lensa kamera, anda dapat menggunakan tisue khusus. Jangan menggunakan sembarang kain atau tisue karena penggunaan kain yang berbahan kasar dapat membuat lensa menjadi lecet dan untuk memebersihkan bagian dalam kamera, anda dapat menggunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Sebagai tambahan...untuk menghindari lensa dari goresan atau kotoran akibat terkena debu atau bekas jari tangan, hendaknya kamera dilengkapi dengan filter yang terpasang permanen dibagian depannya. Filter yang umumnya diapakai adalah UV(ultra violet) atau filter skylight dan untuk menghindari goresan pada body belakang kamera, anda bisa menggunakan body cup penutup saat lensa dilepas dari badan kamera.

6. Servis Ditempat Khusus
Hendaknya dalam jangaka setahun atau dua tahun sekali, anda membawa kamera ke tempat servis khusus.walaupun kamera anda belum rusak.karena di tempat servis tersebut, kamera anda akan dibersihkan mulai dari luar sampai bagian dalam. Hindari membawa kamera kesembarang tempat servis..karena penanganan yang salah dapat merusak kamera anda.

7. Jangan Sering Mencuci Lensa 
Jangan terlalu sering mencuci lensa.karena lensa pada kamera sangatlah peka. Makin sering dibersihkan maka akan menyebabkan mutu gambar berkurang.

8. Jangan Terkena Air Laut
Bagi anda yang hobi berekreasi ke pantai sambil memebawa kamera, harap memeperhatikan hal berikut.jangan sampai kamera tekena percikan dari air laut. Percikan air laut yang hanya sedikit mungkin tidak akan kita sadari. Tapi tahukah anda bahwa air laut sangat jahat terhadap kamera.karena air laut mengandung garam, sehingga jika terkena kamera berpotensi untuk mudah karat. Jadi apabila sehabis dari pantai hendaknya lamgsung membersihkan kamera. dan apabila tanpa sengaja, kamera anda terjebur ke dalam air laut, segera mungkin untuk merendam kamera kedalam air tawar dan bilas berkali kali sampai air laut benar benar hilang.setelah dibersihkan, segera bawa ketempat servis untuk diperiksa apakah kamera itu masih bagus atau sudah rusak.

tips diatas mungkin kedengarannya terlalu repot..tapi jika bro dan sist menerapkannya, dijamin kamera anda akan tetap awet walaupun sudah dipakai bertahun tahun.